0 Flares Twitter 0 Facebook 0 Pin It Share 0 Google+ 0 Reddit 0 0 Flares ×

Berhubung aku suka banget exploring the world of skincare, aku coba-coba punya bisnis kecil-kecilan sebagai online seller untuk produk Korean skincare. Post ini aku tulis berdasarkan pengalaman aku sebagai online seller Korean skincare. Selama jualan aku sering banget mendapat pertanyaan-pertanyaan. Ya, wajar sih pasti namanya pembeli pasti betul-betul ingin yakin, dong dengan barang yang di akan di beli. Sebagai seller I’m always happy to help obviously. Sayangnya, beberapa pertanyaan sering kali ga seharusnya ditujukan ke aku sebagai seller. I’m speaking as a skincare junkie and a seller here, sebaiknya ada beberapa hal yang kamu harus lakukan sebelum membeli skincare product.

sebelum membeli skincare product

Beberapa contoh pertanyaan yang cukup sering aku dapat misalnya “Sis, produk yang cocok untuk kulit aku apa, ya?”, “Sis, kulit aku kaya gini bla bla, berarti skincare yang cocok yang mana, ya”, “Sis, produk A dan B bagusan yang mana ya (sementara, kedua produk tersebut kegunaannya beda, untuk jenis kulit yang beda juga)”. Karena berusaha jadi seller yang baik (dan pengen dagangannya laku, dong) kadang aku akan berusaha jawab semampu aku. Tapi, aku bukan dermatologist atau dukun yang bisa tau jenis kulit orang cuma lewat chat aja. Even though customer sebutin jenis kulitnya juga aku ga sepenuhnya tau masalahnya apa dan bisa aja ada alergi yang aku ga tau. Kalo aku mau jahat bisa aja kan aku ngasal jawab asal produk aku di beli. But again, I’m trying to be a fair seller. Sayangnya, kalau dikasih tau baik-baik kadang suka ada yang “ngambek” dan “kabur”.

Makanya aku jadi tergerak untuk nulis ini, bukan untuk curhat atau gimana. Tapi supaya orang-orang mau lebih aware kalau beli skincare product itu ga seperti beli tas. You put that thing on your face, jadi ga bisa sembarangan. Dan sebenernya ga ribet kok, cuma perlu lakukan 4 hal ini sebelum beli skincare product.

1. Know your skin

Sebelum menentukan skincare product yang pengen (atau butuh) kamu beli, penting banget untuk tau seluk-beluk kulit kamu. It’s with you all the time, harusnya ga susah, kan. Tapi, bukan cuma sekadar tau jenis kulitnya, apakah oily, kering, normal atau kombinasi aja, ya. Perlu tau juga masalah kulitnya apa. Apakah, dehidrasi, jerawat, uneven skin-tone, atau apa. Dan skin goalsnya seperti apa. Jadi aku ga bisa bantu kalo aku cuma dikasih tau “Kak, kulit aku berminyak yang bagus pake skincare apa, ya?”

Selain itu, ada satu hal lagi yang sering kelupaan tapi jadi penting sebelum membeli skincare product. It’s whether or not you have allergic reactions to particular ingredients yang ada di skincare yang akan kamu beli. And it brings us to the second thing you have to do before buying skincare products.

2. Read the ingredients list

Kalo kamu punya alergi terhadap bahan kimia tertentu, baca ingredient yang digunakan pada skincare product itu penting banget! Kamu ga mau kan wajah kamu jadi “hancur” gara-gara salah pakai skincare product (contoh). Okay, alergi mungkin contoh yang cukup ekstrim dan ga semua orang punya alergi. Tapi bukan berarti kamu bisa skip ingredient list yang ada di skincare product. Mungkin kamu ga alergi, tapi bisa aja bahan-bahannya ada yang ga cocok dengan jenis kulit kamu atau malah bisa memperparah masalah kulit kamu. Itulah pentingnya paham kulit kamu seperti apa, jadi bisa memilih produk yang bahannya sesuai dengan kebutuhan.

Agak overwhelming memang awalnya, karena ingredient listnya menggunakan istilah-istilah kimia yang ga semua orang familiar, termasuk saya. Solusinya bisa dengan menggunakan web CosDNA. Web ini helpful banget untuk lihat kandungan dari produk yang akan dibeli beserta analysis singkatnya. Dan supaya lebih gampang, ga perlu repot-repot untuk mempelajari semua istilahnya, kok. Kalo memang ga ada waktu yang penting inget-inget aja yang ga cocok untuk kulit kamu namanya apa, dan hindari bahan tersebut. Masih kesulitan juga? Bisa diskusi dengan dokter kulit.

3. Konsultasi dengan dermatologist

Untuk menentukan jenis kulit, masalah, dan alergi, akan lebih baik untuk mendapat pendapat professional supaya lebih yakin. Ini berhubungan juga dengan salah satu pertanyaan yang sering aku dapat. “Sis, kalau pakai obat dokter boleh pakai skincare ini juga ga?” Hm. Pertanyaan seperti ini ya paling baik ditanyakan ke dokternya langsung, bukan? Karena kan, dokternya yang meresepkan obat dan pasti sudah berdasarkan keadaan kulit kamu yang aku ga tau. Yang tau bahan-bahan yang ada di obat dokter itu kan juga dokternya sendiri, jadi dokternya lebih capable untuk menentukan apa kamu boleh atau ga pakai skincare lain dengan bahan tertentu. Jangan lupa kalau ada beberapa bahan skincare yang tidak bisa dipakai bersamaan. But more on that later.

Intinya, when in doubt ask your dermatologist first. Aku ga punya pengetahuan yang cukup dan sertifikasi seperti dokter kulit untuk kasih tau skincare apa yang boleh dan bisa kamu pakai. Nanti kalo kenapa-kenapa kan bahaya. Aku cuma bisa kasih sebatas rekomendasi, itupun berdasarkan pengalaman pribadi dan baca-baca aja. Boleh dijadikan salah satu referensi tapi bukan acuan utama. Karena sekali lagi, aku bukan dermatologist.

4. Baca review produk

Terakhir, kalo kamu sudah cukup paham dengan kondisi kulit baru deh kamu baca-baca review mengenai produk yang sekiranya cocok dan ingin kamu coba. Ini yang paling gampang dilakukan, sih. Secara sekarang bertebaran di internet review-review dari berbagai beauty blogger. Ga fasih bahasa inggris? Review dari beauty blogger Indonesia juga sudah banyak banget, kok. Atau bisa baca review orang-orang di FemaleDaily juga. Dan gampang diakses dimana aja kalo punya smartphone dan koneksi internet. Tapi baca review produk juga mesti agak dipilih-pilih, ya. Dilihat apakah si reviewer ini memiliki kondisi kulit yang sama dengan kamu. Karena hasil dari suatu produk, kan tergantung jenis kulit pemakainya. Dan meskipun kondisi kulitnya sama pun, lagi-lagi kamu ga bisa langsung menjadikan itu acuan satu-satunya, tapi sebagai referensi untuk kamu aja. Karena segimana miripnya kondisi kulit kamu dengan orang lain, pasti masih ada hal-hal yang bisa bikin hasilnya beda. Kalo istilah dari Korean skincare guru, Your Mileage May Vary. But again, more on that later.

Baca review skincare aku disini

Beli skincare product itu ga bisa asal beli, aja. Karena itu kan akan dipakaikan ke wajah, ga bisa asal pakai tanpa tau produk yang akan dibeli itu cocok atau ga. Nanya-nanya ke seller itu sah-sah aja untuk memastikan, tapi harap diingat kalo seller belum tentu punya pengetahuan dan kemampuan untuk menjawab semua pertanyaan. Ada hal-hal yang harus di-research sendiri sebelum membeli skincare product. Dan kalo aku pribadi sih sebelum coba-coba produk skincare baru, lebih afdol kalo baca-baca sendiri dulu. Jadinya pas mau beli udah mantap. Jaga-jaga juga kan, siapa tau dibohongin atau dikasih tau info yang kurang tepat oleh sellernya.

Intinya, sebelum beli skincare product, do your own research. Your skin will thank you later.

Mungkin ada yang punya tips lain sebelum membeli skincare product? Please let me know in the comment section below 🙂

0 Flares Twitter 0 Facebook 0 Pin It Share 0 Google+ 0 Reddit 0 0 Flares ×