0 Flares Twitter 0 Facebook 0 Pin It Share 0 Google+ 0 Reddit 0 0 Flares ×

winter skincare routine

Setelah ngerasain hidup di negara beriklim winter dan berkesempatan untuk jalan-jalan ke beberapa tempat, aku jadi tau kalo iklim yang berbeda dampaknya juga berbeda di kulit aku. Iklim winter, selain suhunya lebih dingin, udaranya juga lebih kering. Beda dengan di Indonesia yang suhunya tropis, jadi udaranya cenderung lebih humid. That’s why, waktu tinggal atau mengunjungi daerah yang beriklim winter aku akan meng-adjust sedikit skincare routine aku supaya lebih winter-friendly. Jadi, sedikit berbeda dengan skincare routine aku biasanya saat di Indonesia.

As a reference, tipe kulit aku adalah normal-to-dry. Dan kulit aku suka banget dengan produk-produk yang super hydrating dan moisturizing. Tipe kulit kaya aku ini perlu banget ekstra perhatian kalau lagi winter, soalnya udara winter yang kering bisa menambah kering kulit aku. Dulu waktu awal-awal tinggal di UK aku ga begitu paham, jadi aku tetap pakai skincare aku seperti biasanya. Alhasil, kulit aku jadi makin kering sampai ngeletek gitu. Pake makeup apa aja jadi gak nempel. Dari situ aku mulai belajar kalau tipe kulit kering kaya aku mesti agak dibedain winter skincare routine nya.

Winter skincare routine ini masih aku lakukan sampai sekarang kalau lagi travel ke tempat-tempat yang lagi musim winter. Bahkan, kalau lagi gak winter tapi aku tau air humiditynya lebih rendah dari di Indo, ada beberapa produk yang juga tetep aku bawa. Secara step sih, ga jauh beda dengan step skincare routine biasa aku di rumah. Cuma beberapa produknya aja yang agak berbeda.

My Winter Skincare Routine

winter skincare routine

Cleansing

Winter Skincare Routine

Untuk cleansing aku masih tetap double cleansing, malah triple cleansing sih ya, soalnya kalo traveling kan pasti tiap hari pakai makeup meskipun gak tebal. Untuk bersihin makeup saat traveling aku biasanya pakai cleansing wipes aja supaya gak ribet bawanya. Bisa dibawa saat di pesawat juga, jadi super praktis & fungsional. Untuk brandnya gak tentu sih, tapi pas travel ke Seoul kemarin aku nyobain cleansing wipesnya Sephora yang watermelon and fell in love with it. Bersihin makeupnya gampang, ga perlu pakai banyak cuma satu aja udah cukup untuk angkat makeup dan kotoran. Plusnya, dia hydrating juga jadi cocok banget untuk dipake di pesawat dan saat winter.

winter skincare travelUntuk step cleansing kedua, aku pakai oil cleanser juga. Tapi, oil cleansernya beda dengan yang aku pakai biasanya. Kalau biasanya aku pakai Biore Cleansing Oil, untuk winter aku prefer pakai Kiehl’s Midnight Recovery Botanical Cleansing Oil. Kalau untuk cleansingnya dua-duanya sama-sama oke, kok. Tapi untuk winter aku pake yang Kiehl’s simply karena aku ngerasa kalau yang Biore itu konsistensinya lebih cair sementara Kiehl’s lebih thick and oily. Karena teksturnya itu, aku ngerasa lebih lembab aja setelah cuci muka. So, I suppose the later is better for winter skincare routine.

Selanjutnya untuk facial wash, aku ga pake produk yang beda dengan biasanya. Soalnya facial wash kesayangan aku si Krave Beauty Matcha Hemp sudah cukup menghidrasi even saat winter.

Toner

winter skincare routine

Kalau toner, aku ga pake toner khusus sih untuk winter. Jadi aku tetep pake yang biasa aku pakai aja, either itu Thayer’s Witch Hazel Toner, Mamonde Rose Water, atau Klairs Supple Preparation Lotion. Yang agak beda, aku biasanya tambahin satu step lagi yaitu hydrating face mist. Kadang aku cuma pakai Avene atau Evian, tapi belakangan lagi suka pake Clinique Moisture Surge Face Spray. Lumayan untuk nambahin hidrasi dan moisture. Berhubung aku punya yang travel size ini juga aku selalu bawa di cabin baggage aku dan aku semprotin 1-2 jam sekali selama flight.

Moisturizer

winter skincare routineNah, kalau moisturizer yang winter-friendly, aku dari dulu ga pernah gonta-ganti, selalu setia dengan Kiehl’s Ultra Facial Cream. Ini bener-bener winter holy grail aku banget deh. Selama di UK juga pakainya ya ini doang. Creamnya thick tapi bisa menyerap merata setelah di-massage ke kulit wajah. Moisturizing effectnya juga tahan cukup lama, jadi gak bikin kulit berasa kering pas winter.

Tapi meskipun kulit aku kering, aku ga pake UFC ini di Indo soalnya kalo kena humidity jadinya agak sedikit tacky di kulit aku. Jadi aku stock yang travel size aja kalo buat jalan-jalan ke luar negeri.

Selain moisturizer aku juga suka bekal sheetmask untuk tambahan hidrasi dan moisture. Kalau untuk sheetmask sih biasanya aku apa aja yang ada, kadang juga pas liat disana trus beli.


So, those are all my winter travel skincare routine essentials. Seperti yang aku bilang kalau secara step ga jauh berbeda dengan skincare routine aku biasanya. Cuma produknya aja yang aku pilih yang lebih moisturizing dan hydrating. Ini mengingat jenis kulit aku yang normal-to-dry.

Untuk yang kulitnya berminyak mungkin ga perlu yang semoisturizing produk yang aku pakai, ya. Tapi ga ada salahnya untuk mempersiapkan produk yang sesuai untuk iklim yang lebih dingin. Daripada jalan-jalannya jadi ga asik gara-gara kulit ngeletek kan?

winter skincare routine

Ada yang punya tips atau rekomendasi skincare produk lain untuk winter, mungkin? Let me know in the comment ya <3

xx

0 Flares Twitter 0 Facebook 0 Pin It Share 0 Google+ 0 Reddit 0 0 Flares ×