0 Flares Twitter 0 Facebook 0 Pin It Share 0 Google+ 0 Reddit 0 0 Flares ×

 

rekomendasi hotel jepang

Salah satu pertanyaan yang masih cukup sering aku dapat soal trip aku ke Jepan tahun lalu adalah soal hotel. Padahal, aku ke Jepang udah lama banget ya, bulan Juni 2018. Tapi beberapa temen-temen yang mau ke Jepang ternyata masih suka nanyain aku nginep dimana waktu kesana. Wajar sih, soalnya milih hotel di Jepang menurut aku memang lumayan tricky berhubung Jepang dikenal dengan biaya akomodasinya yang cukup tinggi. Makanya, di post ini aku akan kasih rekomendasi hotel nyaman di Jepang berdasarkan pengalamanku kesana kemarin.

Sedikit disclaimer sebelum masuk ke rekomendasi hotel yang aku tempati di Jepang, soal akomodasi memang sebaiknya disesuaikan dengan gaya traveling dan budget masing-masing, ya. Berhubung aku travelingnya as a couple, kita memang lebih pilih hotel atau guesthouse dibandingkan hostel, dorm, atau capsule hotel. Jadi, kalau yang berencana untuk solo traveling mungkin rekomendasi hotel di Jepang yang aku tulis ini belum tentu sesuai dengan kebutuhan kalian.

Selain itu, untuk gaya traveling dan budget, aku dan Haries kemaren memang pengen yang hustle-free. Ada beberapa hal yang jadi perhatian kita waktu pilih akomodasi di Jepang. Yang pertama, kita prefer untuk stay di hotel dibandingkan dengan airbnb. Kenapa? Padahal kalo denger dari orang-orang banyak yang merekomendasikan airbnb sebagai alternatif akomodasi terjangkau di Jepang. Tapi berdasarkan pengalaman kita yang sudah-sudah, stay di airbnb kadang ribet karena kita berurusan dengan host langsung yang ga ada jam check-in yang jelas seperti hotel. Dan jujur kita juga agak males harus basa-basi dengan host. Kalau di hotel tinggal check-in di receptionist sudah beres. Kalau datang agak awalpun masih gampang kalo mau titip bagage.

Yang kedua, kita juga prefer hotel yang kamarnya private dengan kamar mandi dalam, dibandingkan hostel atau dorm yang share kamar mandi. Soalnya kita males ribet mesti keep our belongings safe and tidy. Kalo private bathroom kan kita tinggal taruh aja semua toiletries di kamar mandi. Berceceran pun gapapa. Apalagi, durasi kita stay di satu hotel kan beberapa hari, jadi kebanyang ribetnya mesti beres-beres barang tiap hari setelah capek jalan-jalan.

Soal budget, siapa sih yang ga pengen hemat? Kita pun pengen. Tapi prioritas kita memang jalan-jalan yang santai dan hustle-free. Jadi ya kita pilih hotel senyaman mungkin dengan rate yang se-reasonable mungkin. Gak mau maksain untuk yang murah banget tapi gak nyaman, tapi gak juga stay di hotel yang ratenya bisa buat makan sebulan. That’s why, kalo kalian tipenya seperti kita, rekomendasi hotel di Jepang ini boleh banget untuk dipertimbangkan.

Kalo udah baca post aku sebelumnya, pasti tau kalo aku pergi ke tiga kota di Jepang, yaitu Kyoto, Osaka, dan Tokyo. Di masing-masing kota aku stay di satu hotel aja. Lagi-lagi dengan alasan keribetan. Hehe. So, here goes..

Rekomendasi Hotel Nyaman di Jepang

Kyoto

Japan Hotels Gojo-Muromachi

rekomendasi hotel Jepang

rekomendasi hotel Jepang

rekomendasi hotel jepang

Lama menginap: 3 malam

Jenis kamar: Deluxe Double Room

Lokasi & Akses: Lokasinya di Shimogyo Ward dan meskipun entrancenya kecil, ga begitu susah dicari. Cuma masuk sedikit dari jalan raya. Untuk yang pakai subway juga nyaman banget karena cuma 3 menit jalan kaki dari Gojo Station. Dari Kyoto station pun gak jauh loh, cuma jalan kaki sekitar 15-20 menit. Selama disana aku selalu jalan kaki kalo mau ke Kyoto Station. Untuk ke Gion juga gak jauh, kalau mau jalan kaki masih bisa banget. Tapi meskipun proximitynya bagus dia ga terletak di daerah yang rame banget kok, jadi yang mau istirahatnya tenang ga akan terganggu, ya.

My Review: Ini hotel paling favoriteku diantara hotel-hotel yang aku tinggalin selama di Jepang. Gak seperti hotel-hotel Jepang kebanyakan, disini kamarnya luas banget. Judulnya sih memang Apartement Hotel, jadi kamarnya memang kaya tipe studio apartement gitu. Ada pantry kecil dan appliancesnya. Jadi yang suka masak pas traveling rekomen banget untuk stay disini. Kamar mandinya juga spacious dan ada mesin cucinya! Amenitiesnya juga juara banget karena dari Shiseido. Selain itu, kita juga disediakan semacam handphone yang bisa digunakan untuk akses internet selama jalan-jalan di sekitar Kyoto. Staffnya pun friendly dan mereka ada staff dari Indo, cuma kita ga sempet ketemu. Paket lengkap banget memang.

What I paid: 17,280 Yen untuk 3 malam

Read also: Japan 11D10N Itinerary – Part 1 Kyoto

Osaka

Hotel Vertex Osaka

rekomendasi hotel Jepang

rekomendasi hotel Jepang

Lama menginap: 2 malam

Jenis kamar: Double Room

Lokasi & akses: Hotel ini letaknya masih dalam JR Osaka Loop Line, jadi buat yang beli JR Pass cocok banget stay disini. Cuma 5 menit jalan dari station Shin-Imamiya. Lokasinya kayanya semacam di area turis gitu karena lumayan rame banyak tempat makan dan toko-toko. Bahkan ada Don Quijote segede gaban juga cuma 5 menit dari hotel. Secara lokasi ok banget lah ini. Sedikit tip untuk memilih akomodasi di Osaka, pilih lokasi yang dilewati Osaka Loop Line jadi keliling Osakanya gampang.

My Review: Dibandingkan hotel di Kyoto, ukuran hotel ini memang jauuuh lebih kecil. Tapi kasurnya tetep spacious dan barang-barang kita masih muat sih, jadi gak masalah. Colokannya juga generous jadi aku & Haries ga rebutan ngecharge device. Kamar mandinya oke dan bathtubnya cukup luas. Selama di Jepang aku jadi ketagihan rendeman air hangat di bathub hehe. Untuk amenitiesnya juga oke walaupun brandnya ga seterkenal Shiseido. Tapi lengkap banget segala sisir juga disediain.

What I paid: 13,594 Yen untuk 2 malam

Read also: Japan 11D10N Itinerary – Part 2 Osaka

Tokyo

APA Hotel Shintomicho-Ekikita

Rekomendasi hotel Jepang

rekomendasi hotel Jepang

Lama menginap: 5 malam

Jenis kamar: Double room

Lokasi & Akses: APA Hotel ini memang semacam hotel chain yang ada beberapa lokasi di Tokyo. Waktu booking hotel untuk di Tokyo, prioritas aku memang pengen cari yang dekat dengan Tsukiji Market (sebelum pindah), soalnya Haries dari jauh-jauh hari emang sudah excited banget pengen kesini. Jadilah kita stay di cabang APA Hotel yang di Chuo Ward district. Chuo Ward ini deket banget sama Ginza loh, cuma sekitar 15-20 menit jalan kaki. Dari hotelnya sendiri juga dekat banget dengan Hatchobori Station yang dilewati oleh JR Keiyo Line, cuma 1 stop dari Tokyo Station. Secara lokasi menurut aku cukup ok. Gak terlalu crowded karena kayanya masuk wilayah perkantoran. Tapi untuk cari makanan juga gak susah.

My review: Secara ukuran, kayanya ini kamar hotel paling petite selama aku di Jepang. Slightly lebih kecil daripada yang di Osaka jadi kamar mandinya not as spacious. Bathtub tetep ada tapi gak selega yang di Osaka. Tapi secara kebersihan dan amenities tetep oke punya, kok. Ukuran kamarnya walopun sempit cukuplah untuk dua orang dan dua koper gede.

What I paid: 42,750 Yen untuk 5 malam

Read also: Japan 11D10N Itinerary – Part 3 Tokyo


Perkara memilih akomodasi saat traveling memang cukup challenging. Kenyamanan tempat tinggal bisa make or break the entire trip, kalau untuk aku pribadi. Aku selalu memprioritaskan kenyaman selama traveling tapi juga tetap melihat budget. Believe me or not, part cari-cari akomodasi untuk traveling adalah salah satu bagian favorit aku. Challenging, tapi fun.

rekomendasi hotel jepang

Kalau kalian ada yang berencana untuk traveling ke Jepang atau kemanapun dan mau book hotel via booking dot com, bisa pakai link referal ini ya untuk dapetin diskon 10% (klik disini). Lumayan kan nambahin uang jajan selama trip.

Hopefully, you’ll find this post helpful. Ada yang punya rekomendasi hotel di Jepang yang nyaman selain yang aku mention diatas? Even better kalo yang ratenya juga lebih terjangkau. Let me know in the comment section, ya!

0 Flares Twitter 0 Facebook 0 Pin It Share 0 Google+ 0 Reddit 0 0 Flares ×