0 Flares Twitter 0 Facebook 0 Pin It Share 0 Google+ 0 Reddit 0 0 Flares ×

Skincare Routine Mindful Approach

Udah cukup lama aku ga nulis soal skincare lagi, ya. Alasannya, belakangan ini memang aku sudah jarang banget beli dan cobain skincare baru. Soalnya jujur aku lagi bokek sempet overwhelmed banget dengan berbagai jenis dan merk skincare baru yang makin beragam. Bawaannya kalap, pengen coba semuanya. Lumayan banyak produk yang aku beli tanpa cukup research dan ujung-ujungnya laper mata doang, ga dipake. Kulit aku juga jadi fluktuatif banget dan masalahnya ga terselesaikan. Akhirnya, saat aku lagi bener-bener down karena masalah kerjaan dan udah ga sempet lagi mikirin skincare, aku pun beralih ke skincare routine yang lebih simple. Aku suka nyebutnya mindful approach biar keren 😀

Baca juga: 4 Hal Yang Harus Dilakukan Sebelum Membeli Skincare Product

Don’t get me wrong. I still love skincare and I find it highly therapeutic. Setelah seharian stress di kantor dan kepikiran kerjaan sampe malem, yang bisa bikin aku relax ya skincare routine itu. But I did realise that it needs to be streamlined. Karena aku sudah ga punya tenaga untuk nunggu lapisan toner kesekian meresap sebelum lanjut ke step selanjutnya. Aku pun udah ga sempet nyisihin waktu lagi untuk research dari a-z soal produk yang mau aku beli dan apakah itu cocok untuk kulitku. So, I’m doing this for me and my personal need.

Baca juga: 5 Things I Wish I Knew About Skincare

Kenapa aku bilang mindful juga, soalnya dengan pakai jenis produk yang ga terlalu banyak, aku jadi lebih pakai produknya sampe bener-bener habis, jadi ga di-stop sebelum habis gara-gara udah beli produk lainnya. Trus, aku jadi lebih bener-bener merhatiin hasilnya ke kulit aku. Kalo ga cocok diawal aku ga akan langsung stop tapi lihat dulu sampai beberapa kali, disesuaikan juga dengan kondisi hormon dan makanan yang aku makan. Jadi lebih bener-bener dipikirin. Ga asal pake cuma karena produk itu highly raved (aka FOMO).

Hasilnya gimana? Gak langsung keliatan hasilnya, jujur. Awalnya ya sama aja, gak ada yang berubah. Bruntusan ya tetep ada, kadang jerawatan. Tapi aku tetep stick dengan produk yang sama. Jadi aku bisa lebih analisa kalo pas jerawatan atau bruntusan berarti yang salah bukan karena skincare, tapi other factor kaya makanan, stress, atau hormon. Nah, recently, setelah berbulan-bulan stick sama routine ini dan udah tau kulit aku tuh senengnya kalo diapain, aku udah mulai melihat kalo kulit aku ada perubahan ke arah yang aku suka.

Biasanya kalo aku habis nulis kaya gini trus kulit aku mulai bertingkah deh, kaya setelah nulis post ini: Getting To Know My Skin. Kaya semacam kualat gitu soalnya setelahnya aku langsung jerawatan segede-gede gaban. Makanya, aku ga mau kualat lagi deh. Aku ga bilang dengan routine ini jadi bagusan atau gimana. Cuma dengan mindful approach ini aku lebih ga pusing aja soal skincare dan kulitku.

Sebelumnya, aku mau bilang aja sebelum dikomenin “Lah, segini lo bilang simple?”, iya stepnya mungkin hitungannya masih lumayan banyak ya untuk orang ga sebelumnya ga pake 3 lapis toner. Makanya, standar kita mungkin memang beda ya sis, di-embrace aja hehe. Itulah kenapa aku sebenernya ga nekenin kata simple, tapi lebih ke mindfulnya.

Biar ga kebanyakan cincong-nya langsung ke routinenya aja ya. Ok, here’s goes:

Updated Skincare Routine: Mindful Approach

Cleanse

Skincare Routine Mindful Approach

Untuk cleansing aku masih tetep dengan double cleansing. Ini buat aku udah aturan yang paling pakem dan ga akan aku ubah-ubah, sih. Tapi, karena perlu hati-hati sama over-cleansing juga aku cuma double-cleansing kalau sebelumnya menggunakan SPF dan/atau makeup yang tebal. Favorite first cleanser aku masih tetep yang oil-based meskipun udah bolak-balik cobain yang jenis balm. Teteup akhirnya balik lagi ke si Biore Cleansing Oil ini. Soalnya ringkes pakenya dan memang hasilnya bersih. Udah cukup banget buat aku.

Untuk facial washnya, emang masih pake dua jenis product ya. Soalnya satu untuk pagi, satu untuk malem. Sebenernya aku pake satu juga gapapa, kadangpun aku sehari pake salah satu aja untuk pagi dan malem. Tapi memang dua-duanya holy-grail aku dan ga pusing untuk alternate antara keduanya jadi tetep aku pake dua jenis ini. Yang pertama COSRX Good Morning Low PH Gel Cleanser yang aku pakenya pagi aja. Yang kedua Krave Beauty Matcha Hemp Hydrating Cleanser. The latter aku kadang pake pagi dan malem. Terutama kalo ngerasa kulit lagi dehydrated banget.

Yang jelas keduanya SLS-free ya berhubung aku memang udah lama banget ninggalin cleanser ber-SLS.

Toner

Skincare Routine Mindful Approach

Toner aku pakai satu aja, yaitu Thayers Alcohol-Free Witch Hazel yang original. Kadang kalo habis aku ganti Mamonde Rose Toner (not pictured karena lagi habis — one toner at a time ;)). Ini udah cukup banget sebagai toner aku soalnya udah further cleansing dan PH balancing juga. Harganya iya lumayan tapi isinya banyak. Jadi, memang value for money banget buat aku.

Serum

Skincare Routine Mindful Approach

Berhubung aku memang fokusnya ke hydration dan moisture, aku pake serumnya Clinique yang Moisture Surge ini. Isinya udah tinggal dikit banget tapi sebenernya ini irit banget loh. Aku beli bulan Juni dan sampe sekarang masih segitu padahal aku pakai hampir tiap hari. Aku bener-bener ngerasain sih, kulit aku lebih plump dengan pake ini. Sebelumnya aku suka coba macem-macem serum dan aku alternate pakenya. Tapi aku jadinya gatau kalo bagus, serum mana yang bagus, kalo bruntusan mana yang nyebabin. Udah gitu, serum kan harganya lumayan ya, karena punya kebanyakan jadi suka ada yang keburu expired sebelum kepake semua. Sayang banget kan!

Eye Cream

Berhubung sudah memasuki usia rawan, I have been using eye cream religiously every night. Yang aku pakai masih dari Clinique juga soalnya dulu belinya sepaket sama serum dan moisturizernya juga. Eye creamnya aku pake Clinique All About Eyes. Enak pakainya dan kalo ga sengaja masuk ke mata juga ga terlalu perih. Buat aku moisturizing banget dan ngurangi puffy eyes. Kalo kantong mata, gak terlalu sih buat aku soalnya kantong mata aku tuh turunan jadi ya gak hilang. Tapi ya, agak less defined kantong matanya soalnya daerah sekitar mata kan moistured dan lebih seger.

Moisturizer

Skincare Routine Mindful Approach

Moisturizer aku pake Clinique Moisture Surge yang 72-hour Auto Replenish. Ini juga irit banget, udah 7 bulan lebih dipake isinya masih seperempat. Sesuai namanya memang bener-bener hydrating. Seneng banget kalo bangun pagi kulit rasanya plump gitu. Hasilnya bakal lebih bagus kalo aku massage agak lama ke seluruh muka. Tapi ini aku pake malem aja.

Kalo paginya aku pake yang Dramatically Different Moisturizing Lotion+. Dapet bonusan pas beli package yang hydrating. Awalnya ragu mau pake takut terlalu minyakan tapi ternyata engga. Gampang banget terserapnya dan ga bikin kulit aku berminyak siangnya. Malah tetep lembab gitu, ga kering meskipun aku pakenya gak tebel. (FYI kulit aku combination to dry — agak lebih condong ke drynya sih tapi).

Sunscreen

Skincare Routine Mindful Approach

Dulu aku juga termasuk yang suka stock berbagai jenis sunscreen. Tapi sekarang fix udah satu aja semenjak cobain Shiseido Perfect UV Protector SPV 50+. Hasilnya agak matte, which I love karena moisturizer dan foundie aku memang udah yang melembabkan banget gitu kan. Jadi ini sunscreennya bikin balance. Tapi meskipun matte dia gampang banget diratainnya, ga keset gitu lho. Dan jelas ga lengket, nyerapnya cepet.

Awalnya aku pake gantian sama Biore Aqua Rich tapi akhirnya nyadar kalo kandungan alcoholnya Biore Aqua Rich itu ga akur sama kulit kering aku. Jadi kadang agak siang gitu ngerasa agak kering mukanya dan kalo aku lagi bruntusan sangat ga membantu. Jadilah sekarang aku cuma pake satu sunscreen aja si Shiseido ini.

Add-ons

Kalo bingung “Lah, segitu aja? Gak exfoliate? Gak masker? Anti-aging?” Itu masuk ke add-on aka tambahan aja. Pertama soal exfoliate. Yes, exfoliate masih sangat penting and of course, I still do it. Tapi balik lagi, aku mencoba lebih mindful dengan ga pake terlalu banyak produk yang bikin aku bingung alternatenya dan kadang malah karena terlalu banyak dicampur macem-macem hasilnya jadi gak maksimal. Jadi sekarang aku cuma exfoliate 1-2 kali seminggu aja pake The Ordinary Glycolic Acid Toning Solution. Setelah  coba berbagai exfoliator, kulit aku emang lebih damai sama glycolic. Hasilnya pelan tapi pasti. It’s ok.

Karena lebih mindful aku juga dengerin kulit aku, kalo kondisinya lagi ga memungkinkan aku cuma exfoliate sekali seminggu aja atau ga sama sekali. It’s fine. Kalo lagi ga memungkin kan untuk exfoliate dengan chemical aku pake rugged cotton pad aja, dipakein sama toner trus gosok pelan. Jadi cuma mild manual exfoliation. So far, oke-oke aja dengan cara itu.

Kedua soal masker. Aku masih suka banget kok indulge dengan sheetmask. Tapi ini aku ga tentu banget pakenya, cuma kalo mood aja. Dan kalo lagi pake routine yang lebih ribet (i.e. exfoliating/anti-aging) biasanya aku ga pake sheet mask lagi. Biar ga kebanyakan produk di muka. Sheetmask favorite aku masih dari Beauty Mask. Kadang pake yang biru atau hijau. Garnier juga aku suka banget dan sama, variannya suka yang biru dan hijau.

Untuk anti-aging jujur aku masih ngerasa kurang memang soal product knowledgenya. Menghindari overwhelming jadi untuk saat ini aku stick sama Advanced Retinoidnya The Ordinary aja. Aku pakai 2-3 hari sekali, sesuai keadaan kulitku aja. Kadang cuma sekali seminggu kalo aku ngerasa kulitku lagi rewel.


 

Skincare Routine Mindful Approach

Begitulah, skincare routine aku saat ini. Ga dikit-dikit banget emang produknya. Tapi dibanding dulu ini udah simple dan gak overwhelming banget. Kalo produk-produk ini udah abis aku masih belum tau apa akan pake yang sama lagi atau coba yang lain. Yang jelas kalopun aku ganti yang lain, akan bener-bener aku research dan gantinya ga barengan jadi aku bisa bener-bener dengerin kulitku maunya apa, sukanya skincare yang mana.

Rule of thumb-ku ada dua. First, if it’s not broken don’t fix it. Kalo kulit lagi ga macem-macem aku ga akan eksperimen aneh-aneh nyobain yang lain apalagi kalo produk lainnya belum habis. Yang kedua, kalo kulit aku lagi rewel banget, juga ga akan aku macem-macemin. Stick aja dengan routine yang paling simple dan basic.

If you have a question or simply want to share your own routine let me know in the comment section below atau visit instagram aku di @dee.primayani 🙂

xx

0 Flares Twitter 0 Facebook 0 Pin It Share 0 Google+ 0 Reddit 0 0 Flares ×