0 Flares Twitter 0 Facebook 0 Pin It Share 0 Google+ 0 Reddit 0 0 Flares ×

Masa karantina yang sudah mulai memasuki hari ke 30-an lebih (soalnya pada beda-beda kan mulainya?) tentu sudah mulai terasa menjenuhkan untuk sebagian besar dari kita. Sayangnya menurut studi ini, masa karantina paling optimal untuk mencegah bertambahnya kasus Covid-19 ini adalah 3-8 bulan. Yang artinya, kita masih harus struggling selama beberapa waktu ke depan. Itulah kenapa penting untuk memelihara kewarasan kita supaya bisa bertahan lebih lama. Salah satu cara yang ampuh buat aku adalah dengan melakukan self care routine.

Sejak sebelum merebaknya coronavirus pun, self care routine sudah banyak yang membroadcast manfaatnya karena self care merupakan aspek yang sangat penting dalam manajemen stress. Ketika secara fisik dan emosional kita merasa lelah, maka akan semakin sulit untuk kita menghadapi hal-hal yang stressful, seperti contoh saat ini, karantina. Oleh karena itu, sangat penting untuk menciptakan self care routine supaya fisik dan mental kita lebih sehat dan lebih resilien terhadap stress.

Tiap orang level stress dan resiliensinya beda-beda, jadi self care routinenya juga pasti berbeda. Di postingan ini aku mau share self care routine aku selama masa karantina ini, siapa tahu ada yang butuh ide kegiatan untuk dimasukkan ke self care routinenya. Aku bagi jadi dua bagian, untuk fisik dan emosional, ya 🙂

Physical Self Care Routine

Olahraga

Ini basic banget dan ya, aku tau ga semua orang suka. Sejujurnya aku pun gak begitu suka dan biasanya males-malesan kalo disuruh olahraga hehe. Tapi semenjak work from home aku selalu berusaha sempetin untuk olahraga mumpung punya lebih banyak waktu di pagi hari karena gak perlu dandan dan berangkat ke kantor.

Untuk olahraganya, karena memang aku anaknya memang secara fisik ga begitu kuat, aku pilih yang ringan-ringan aja seperti jogging santai, workout tipis-tipis, atau yoga. Pengennya sih bisa aku lakukan terus sampai nanti udah ke kantor lagi. Kalopun waktunya lebih sedikit, gak apa-apa karena banyak banget workout yang cuma perlu waktu 10 menit bahkan kurang. Soalnya aku ngerasa banget kalo paginya olah raga tuh, lebih semangat untuk mulai kerjaan dan lebih seger seharian.

Mandi

self care routine

Nah, ini. Meskipun kedengerannya receh ya tapi mandi itu helpful banget buat ngurangin stres buat aku. Mandi sebelum beraktivitas bikin lebih semangat untuk menyelesaikan kerjaan atau tugas-tugas rumah. Dan setelah seharian capek beraktivitas, sensasi kena air dan sabun tuh, gak cuma ngangkat kotoran aja tapi juga kelelahan hehehe. Makanya, memilih body care yang oke untuk digunakan saat dan setelah mandi itu penting banget buat aku.

Mumpung lagi ngomongin soal mandi, aku sekalian review sedikit soal produk body care yang paling sering aku pakai ya, terutama selama masa karantina ini, yaitu Scarlett Whitening. Aku sudah pakai sejak setahun yang lalu sewaktu kelar karantina juga tapi karantina militer LOL soalnya produk-produknya Scarlett Whitening kan mengandung Glutathione dan Vitamin E yang bisa mencerahkan kulit.

Yang bikin aku ketagihan pakai Scarlett Whitening tuh, soalnya selain mencerahkan kulit, kandungan Glutathione dan Vitamin E juga bikin kulit kering aku lebih lembab dan ternutrisi. Selain itu packagingnya juga enak dibawa kemana-mana tanpa takut pecah soalnya bukan dari kaca, ringan pun. Maklum, sebelum masa karantina kemarin aku masih cukup sering bepergian.

self care routine

Produk Scarlett Whitening yang belakangan sering aku pakai tuh ada tiga, yaitu Body Scrub Romansa, Shower Scrub Pomegranate, dan Body Lotion Charming. Aku bahas sedikit yaa

Body Scrub Romansa

Pake body scrub pas mandi tuh, the ultimate self care saat mandi sih buat aku, makanya aku hobi nyobain berbagai macam body scrub. So far, varian Body Scrub Romansa-nya Scarlett Whitening ini jadi kesukaan aku banget soalnya buliran scrubnya halus dan tidak sakit saat dipakai. Selain itu, scrubnya nempel banget di badan meskipun diaplikasikan ke kulit yang sudah dibasahi. Wanginya juga enak dan lembut, seperti wangi bunga-bungaan.

Cara pakainya pun praktis banget, setelah diaplikasikan ke seluruh tubuh, tunggu 2-3 menit, ini biasanya aku sambil gosok gigi dan cuci muka, trus tinggal gosok dan bilas, deh.

Aku suka banget deh momen setelah pakai Body Scrub Romansa-nya Scarlett Whitening ini soalnya kulit jadi mulus dan wangi seharian.

Shower Scrub Pomegranate

Kadang aku gak punya waktu lama untuk mandi dan sempet untuk pakai body scrub, jadi biasanya aku pakai produk Scarlett Whitening yang Shower Scrub Pomegranate. Ini sebenarnya sabun tapi juga ada buliran scrubnya gitu, jadi lumayan ada sensasi scrubbingnya sehingga lebih maksimal membersihkan tubuh.

Kalo Shower Scrub Pomegranate ini wanginya lebih seger, kaya mix antara buah dan floral gitu, makanya jadi sabun favorit aku sehari-hari soalnya wanginya bikin semangat.

Body Lotion Charming

Berhubung jenis kulit aku kering, jadi sehabis mandi, pakai lotion tuh wajib banget dan lotionnya mesti yang bisa melembabkan seharian gitu. Makanya aku suka banget dengan Body Lotion dari Scarlett Whitening . Biasanya kan body lotion yang lembab itu kurang enak dipakainya soalnya kaya lengket banget, nah tapi body lotionnya Scarlett Whitening ini gak sama sekali, jadi meresapnya juga cepat.

Untuk variannya aku baru pernah cobain yang Romansa dan Charming, tapi untuk wanginya, Charming juara sih, soalnya mirip dengan Baccarat Rouge 540 hehe.

Untuk body lotion saku memang paling suka kemasan pump seperti produk Scarlett Whitening ini soalnya jadi gampang dipakai. Tapi ga enaknya kemasan pump tuh, emang agak ribet kalo dibawa-bawa. Untungnya varian body lotionnya Scarlett Whitening ada lock-nya gitu jadi kalo dibawa pergi-pergi gak bakal tumpah-tumpah di dalem tas.

Produk-produk Scarlett Whitening ini biasanya aku beli dari Shopee (Scarlett_whitening) soalnya variannya lengkap dan suka ada promo hehehe. Harga per produknya adalah Rp 75.000 tapi kemarin sempet cek ada paket hemat yang isinya 5 item dan harganya cuma Rp 300.000 aja, dong, dapat box exclusive dan free gift pula. Selalu puas sih setiap habis belanja produknya Scarlett Whitening soalnya package pengirimannya niat dan ga pelit bubble wrap, jadi produknya nyampe selalu dalam keadaan oke.

Scarlett Whitening ini juga sudah teregistrasi di BPOM dan tidak melakukan animal testing lho, ya. Jadi tenang aja. Suka banget deh kalo ada produk lokal yang affordable tapi kualitasnya bagus kaya gini. Cocok banget untuk self care routine aku.

Skincare

Skincare Routine Mindful Approach

Meskipun #dirumahaja, skincare tetap jalan terus dong. Skincare memang sudah jadi salah satu bagian dari self care routine aku sejak dulu dan buat aku ini therapeutic banget meskipun gak pakai produk yang macem-macem tapi ampuh banget untuk naikin mood. Mungkin karena memang hobi sih, ya :p

Emotional Self Care Routine

Journaling

Meskipun masih suka bolong-bolong tapi aku masih berusaha banget untuk bisa lebih rutin untuk journaling. Soalnya berasa banget memang manfaat journaling ini, seperti untuk membantu aku untuk lebih conscious atas apa yang terjadi dalam satu hari dan bagaimana perasaan aku terhadap kejadian itu. Bagus untuk refleksi diri dan proses healing 🙂

Beres-beres rumah

Sebenernya aku orangnya gak begitu rapi dan suka capek duluan kalo mesti bersihin keseluruhan rumah hehe. Tapi ternyata dengan ngeberesin dan menata rumah efeknya therapeutic untuk aku. Supaya gak jadi terlalu capek biasanya aku fokuskan untuk salah satu bagian rumah dalam satu waktu. Misalnya hari ini beberes lemari, besok beberes dapur, dan sebagainya. Melihat rumah bersih dan teratata juga bikin jadi lebih betah, kan? 🙂

Nonton

Aku suka banget nonton, apapun itu, film, serial, bahkan youtube. Ada banyaaaaak sekali film, serial, dan video yang bisa ditonton loh. Makanya nonton film, serial, dan video yang selama ini pengen aku tonton jadi salah satu bagian self care routine aku.


Sejauh ini kegiatan self care routine yang aku lakukan diatas cukup membantu untuk bikin badan dan pikiran tetap fresh selama masa karantina ini. That’s why, aku sangat rekomendasikan ke temen-temen untuk punya self care routine juga. Gak harus sama dengan aku, sesuaikan dengan keperluan masing-masing aja.

Yang sudah punya self care routine sendiri, coba share dong kegiatannya apa aja 🙂

0 Flares Twitter 0 Facebook 0 Pin It Share 0 Google+ 0 Reddit 0 0 Flares ×