Jangan Sepelekan Anyang-anyangan

1 Flares Twitter 0 Facebook 0 Pin It Share 1 Google+ 0 Reddit 0 1 Flares ×

Pernah ga sih, merasa kebelet buang air kecil trus pas sudah ke toilet ternyata yang keluar hanya sedikit atau bahkan tidak ada sama sekali? Yup, itu dia si nyebelin, anyang-anyangan. Gimana ga nyebelin, selain bikin bolak-balik ke kamar mandi, juga menimbulkan rasa ga nyaman bahkan sampai sakit. Aku sendiri termasuk yang cukup sering ngalamin anyang-anyangan. Mulai dari yang ringan sampai yang bikin aku kesakitan sampai demam. Iya, bisa separah itu. Makanya, meskipun kesannya remeh, jangan menyepelekan anyang-anyangan, ya. A lesson I learned the hard way.

 

Apa itu anyang-anyangan?

Sebenernya agak bingung dengan istilah anyang-anyangan karena aku ga nemu istilah medisnya. Aku sempet tanya ke temenku yang dokter apakah anyang-anyangan itu sama dengan Urinary Tract Infection (UTI) atau Infeksi Saluran Kemih (ISK). Ternyata tidak sama, anyang-anyangan itu hanyalah salah satu gejala dari ISK yang ditandai dengan masalah buang air kecil seperti yang aku bilang diatas. CMIIW ya kalo ada yang lebih ngerti soal ini. Tanda-tanda kalau kita sedang mengalami anyang-anyangan, seperti:

  • Rasa ingin buang air kecil terus-menerus.
  • Sering buang air kecil tapi dengan volume sedikit
  • Rasa nyeri saat buang air kecil
  • Nyeri pada panggul untuk wanita, nyeri anus untuk pria
  • Demam

Anyang-anyangan merupakan salah satu gejala dari ISK yang merupakan infeksi yang terjadi pada sistem kemih (ginjal, ureter, kandung kemih, dan uretra). ISK kemudian dapat dibagi lagi menjadi dua berdasarkan gejalanya. Jika infeksi terjadi pada uretra dan kandung kemih, berarti merupakan ISK bagian bawah. Sementara, ISK bagian atas mempengaruhi ureter dan ginjal (Referensi). Nah dari sini bisa ditarik kesimpulan kalau anyang-anyangan ini merupakan gejala dari ISK bagian bawah karena menginfeksi kandung kemih dan uretra sehingga menyebabkan masalah-masalah pada saat buang air kecil seperti yang sudah aku tulis diatas.

Makanya, aku ga mau lagi nyepelein anyang-anyangan karena kalau infeksinya sudah sampai menjalar ke bagian atas bisa mempengaruhi sampai ke ginjal. Serem banget, kan.

Pengalaman Anyang-anyanganku

Aku sudah cukup sering mengalami anyang-anyangan mulai dari yang ringan sampai yang bikin aku demam dan harus dibawa ke dokter. Tapi, pengalaman anyang-anyangan yang paling ga enak yang pernah aku alami adalah saat aku sedang traveling ke Italy. Saat harusnya aku menikmati indahnya kota Florence yang terkenal dengan seni dan arsitektur dari zaman Renaisance-nya, aku malah harus bolak-balik mencari cafe untuk numpang ke toilet.  Kebetulan aku cuma punya waktu 24 jam di Florence dan sebagian besar terbuang gara-gara si anyang-anyangan ini. Makanya aku kelihatan ga nyaman banget di beberapa foto yang aku ambil di Florence.

Sedih banget ga bisa menikmati perjalanan “cuma” gara-gara anyang-anyangan. Sejak itu aku ga mau lagi menyepelekan anyang-anyangan. Apalagi aku pernah sampai harus dibawa ke dokter dan dikasih antibiotik juga gara-gara itu. Duh, kapok banget deh pokoknya.

Aku juga mulai cari-cari tau tentang anyang-anyangan karena awalnya aku pikir cuma karena kurang minum air dan ga sampai bikin sesakit itu. Tapi ternyata it’s more than that dan kalau ga diatasi dengan benar bisa berakibat lebih buruk lagi. Untuk menghindari anyang-anyangan aku mulai lebih banyak mengkonsumi air mineral dan juga menjaga kebersihan organ intim. But sometimes it still happens. Anyang-anyangan ringan, sih tapi tetep aja lumayan ganggu aktifitas.

Untungnya sekarang sudah ada produk dari Combiphar, yaitu Uri Cran yang dapat mengatasi susah buang air kecil dan membantu menjaga kesehatan saluran kemih. Ini karena Uri Cran mengandung ekstrak cranberry. Setelah baca-baca aku baru tau kalau ternyata, buah cranberry itu ampuh untuk mengatasi anyang-anyangan karena mengandung Proantocyanidin yang berfungsi untuk mencegah bakteri E.Coli untuk menempel di saluran kemih. Si bakteri E.Coli ini memang penyebab utama terjadinya ISK.

Kalo tiba-tiba anyang-anyangan di kantor kan ribet juga ya mesti cari buah atau jus cranberry. Apalagi nyari cranberry segar agak susah kan, disini. Makanya seneng banget ada si Prive Uri Cran ini yang dikemas dalam bentuk kapsul dan ada juga yang berbentuk sachet, yaitu Uri Cran Plus. Jadi, lebih praktis untuk dikonsumsi dan mudah di dapat karena juga sudah tersedia di apotek-apotek, termasuk Guardian.

Honestly, seneng banget nemu produk yang bisa membantu mengatasi anyang-anyangan seperti Uri Cran ini. Jadi ga perlu susah-susah cari buah atau jus cranberry kalau tiba-tiba anyang-anyangan lagi. Membantu banget untuk melancarkan aktivitas sehari-hari. I’d definitely bring Uri Cran with me all the time so I can bid adieu to anyang-anyangan 😉