2 Flares Twitter 0 Facebook 0 Pin It Share 2 Google+ 0 Reddit 0 2 Flares ×

As promised, kali ini aku akan tulis mengenai step-step skincare yang sedang aku pakai saat ini. Oh ya, rasanya aku perlu bikin disclaimer dulu ya. Jadi meskipun aku akan sering nulis tentang skincare, I do not claim to be the expert of it, so it’s merely for sharing purpose. I’d also love to hear your opinions and results of using certain skincare products ya. Selain itu, produk-produk yang aku pakai ini juga aku sesuaikan ya dengan masalah kulitku dan my skin goals.

My skin profile is combination to dry (pas di UK) dan sekarang combination to oily, not sensitive but quite acne prone terutama di bagian forehead. Dan untuk skin goalsnya, aku pengen clear and hydrated skin yang ga bikin ga pede kalo ga pake make-up hehe. Jadi kalo kamu punya skin profile yang kurang lebih sama kaya aku, bisa tuker-tukeran info yah! Yang engga pun kalo ada rekomendasi produk yang oke I’d be delighted 😉

Current Nighttime Skincare Routine_0

Cukup blabbering-nya, sekarang aku mulai cerita tentang current skincare routine aku, mulai dari yang night time dulu soalnya untuk morning routine biasanya lebih simple jadi aku simpan untuk next post, ya! I would describe this routine as semi-simple karena meskipun stepnya sudah agak banyak tapi belum masuk ke >10 skincare steps Korea punya. Sekalian mini review untuk beberapa produk yang aku lagi pake juga jadi might be slightly long but please bear with me. So, here goes:

1. First Cleanse

 

Current Nighttime Skincare Routine

Saat ini aku lagi pakai Camomile Cleansing Oil dari TBS. Sebelumnya aku prefer pakai micellar water karena rasanya make-up lebih keangkat aja tapi semenjak baca-baca bagusnya oil cleansing akhirnya coba pake dan ternyata memang cocok. Sejak pakai cleansing oil ini wajah aku jadi lebih jarang bermasalah dan lebih bersih. Kalau lagi pakai make-up yang agak tebal biasanya aku wipe dulu pakai micellar water dulu baru pakai oil cleansing, jadi ga double cleansing lagi tapi triple! Kalo micellar waternya aku masih pake dari Garnier soalnya murah bangeet cuma £3 dan sekarang udah mulai masuk ke Indo juga<3

2. Second Cleanse

 

Current Nighttime Skincare Routine

Memang sering aku baca kalau banyak yang menyarankan pakai oil cleanser atau cleansing balm sebagai second cleanser instead of facial wash. Tapi kok rasanya belum ‘cuci muka’ kalau ga pakai facial wash ya, setuju ga? Jadilah aku cari-cari facial wash yang ga strip off skin’s moisture, yaitu facial wash yang gak mengandung SLS (Sodium Lauryl Sulfate) alias gak mengandung sabun. Saat ini aku sudah pakai botol kedua dari Bioderma Atoderm Intensive Gel Moussant and loving it, hence the repurchase. Selain gak mengandung SLS, facial wash ini juga paraben-free & alcohol-free. Setelah abis cuci muka kulit aku berasa bersih banget tapi gak keset (emangnya piring, ye kan :p).

3. Exfoliating

Nighttime Skincare Routine

Tahap ini bisa dibilang quite a recent addition to my skincare routine. Dulu waktu masih awam banget soal skincare, exfoliation cuma aku lakukan seminggu sekali dengan mechanical exfoliator, yaitu facial scrub. Tapi ternyata itu aja ga cukup lho untuk ngangkat sel kulit mati di kulit aku. Untuk hasil yang lebih optimal memang disarankan untuk melakukan exfoliation dengan lebih frequent dan menggunakan chemical exfoliator seperti acid toner. Akhirnya aku coba pakai Pixi Glow Tonic yang waktu itu highly raved by literally everybody dan berhubung gampang banget nyarinya di UK. Dan emang kerasa banget hasilnya, setelah pemakaian selama satu bulan kulit wajah aku yang tadinya dull banget jadi slightly lebih glowing pun uneven skin tone aku mulai invisible. Selama di UK aku pakai ini setiap malam dan ga ada masalah karena setelahnya aku imbangin dengan hydrating products tapi sejak balik ke Indo somehow aku ngerasa jadi over exfoliate kalo dipake tiap hari, jadi sekarang aku lebih jarang-jarang pakenya dan di alternate sama acid treatment yang lain kaya COSRX AHA 7 Whitehed Power Liquid atau Bravura London Salicylic Acid. Setelah pakai exfoliator biasanya aku akan tunggu dulu sekitar 10-15 menit sebelum lanjut ke step berikutnya supaya kandungannya bekerja dulu.

4. Hydrating Toner

 

Current Nighttime Skincare Routine_5

Yup, selain double cleansing, double toning juga penting apalagi setelah pakai acid toner. Soalnya, acid toner strips off skin’s moisture that will leave your skin dehydrated. Kulit yang sudah dehidrasi itu ga bagus lho karena selain bikin kulit flakky, juga bisa menyebabkan jerawat. Makanya hydrating itu merupakan step skincare yang paling aku prioritaskan. Produk hydrating toner yang paling sering aku pakai saat ini adalah Vitamin E Hydrating Toner-nya TBS which so far have done sufficient job on hydrating my face. Belum mau pindah ke hydrating toner yang lain lagi sih soalnya yang ini masih ok, affordable dan ga susah carinya. Kadang aku juga pakai Jurlique Rosewater Balancing Mist sebagai hydrating toner tapi tetep Vit E by TBS yang jadi to-go hydrating toner aku.

5. Essence

Current Nighttime Skincare Routine_6

Nah, step skincare ini baru-baru ini aku adopt into my skincare routine. Sebenernya ini ga perlu-perlu banget sih kalo masih baru coba-coba tapi karena udah mulai bosen dengan step skincare yang simple I figured I want to step up my skincare game. Jadi essence ini sebenarnya masih sepupuan dengan serum tapi dengan konsistensi yang lebih liquid. Fungsinya adalah untuk prep wajah kamu sebelum pakai serum dan moisturizer agar kandungan nutrisi yang ada dalam serum dan moisturizer itu menyerap dengan lebih optimal. Essence ini memang skincare produk favorite untuk asian skincare routine like Japan and Korea, so yes, I’m starting to adopt the Korean skincare routine here. Untuk produknya, yang paling terkenal sih si Facial Treatment Essence-nya SKII. Sebenernya dari dulu mami aku udah suruh pake ini cuma masih takut soalnya review orang-orang banyak yang ga cocok although ada yang cocok banget juga. So it’s either you hate it or love it, there’s no in between. Aku sih lebih takut kalo cocok soalnya harganya belum terjangkau HAHAHA. Jadi untuk sementara aku pakai “dupe”-nya dulu yaitu Time Revolution The First Treatment Essence dari Missha. So far cuma purging ringan diawal dan sekarang udah mulai normal lagi, so I’d say it suits me rather well. Cara pakainya ada yang bilang kalau essence lebih baik langsung dituangkan ke tangan lalu ditepuk-tepuk ke wajah supaya nutrisinya gak terbuang, tapi kalau aku ngerasa hasilnya lebih optimal kalau aplikasinya pakai kapas. Setelah pakai essence biasanya aku tunggu lagi sekitar 10-15 menit supaya penyerapannya maksimal.

6. Serum

Current Nighttime Skincare Routine_7

Serum sebenernya udah aku mulai pakai jauh sebelum ngerti skincare. Serum pertama yang aku pakai itu si Drop of Youth-nya TBS tapi aku ga ngerasa perbedaan apa-apa sih mungkin juga karena waktu itu step skincarenya belum bagus. Untuk serum aku pakai cukup banyak produk tapi yang paling sering aku pakai untuk malam adalah Parsley Seed Antioxidant Serum-nya Aesop soalnya aku udah mulai ngerasa perlu nyicil pakai skincare yang mengandung antioxidant which is great for anti-aging. Selain yang Parsley Seed aku juga pakai hydrating serumnya Aesop, Oil Free Hydrating Serum. Both are my favorite meskipun awal-awal agak thrown off sama konsistensinya yang slightly thicker than any of my serum. Tapi tetep sih, holy grail serum aku yang bener-bener does wonder to my skin is the Sunday Riley’s Good Genes but berhubung mengandung acid dan agak pricey aku cuma pakai serum ini 2-3 kali seminggu.

7. Eye Cream

Step ini cukup penting tapi kadang suka kelewatan kalo buru-buru atau lupa karena aku memang punya masalah dengan under eye area yang mudah gelap & berkantung. Tapi aku belum sempat untuk explore eye cream untuk tau mana yang bagus. Untuk saat ini aku masih pakai Night Recovery Eye Cream-nya Kiehl’s dan hasilnya so-so aja tapi at least ga bikin kulit area mata aku bermasalah (milia, etc.). Mungkin nanti setelah yang ini habis aku akan coba yang lain 🙂

8. Moisturizer

Current Nighttime Skincare Routine_8

Step terakhir dan yang paling umum adalah moisturizer atau night cream. Untuk step ini ada buanyak banget pilihannya yang bisa dicoba dan disesuaikan dengan kebutuhan kulit masing-masing. Aku sendiri sudah coba beberapa jenis produk tapi sampai saat ini masih belum ketemu yang favorit. Kebanyakan yang aku coba did okay on moisturizing but that’s all. Jadi aku bikin kriteria sendiri untuk night cream yang aku suka, yaitu ga bikin muka aku greasy saat bangun tidur. Fortunately, my latest night cream does just that, yaitu COSRX Ultimate Moisturizing Honey Overnight Mask. Produk ini cukup versatile karena bisa dipakai sebagai wash off mask, sleeping mask, dan night cream. Aku pakai untuk yang terakhir selama seminggu belakangan ini and quite loving it. Gak bikin wajah aku greasy di pagi hari unlike my previous trusted moisturizer Kiehl’s Ultra Facial Cream.Tapi yang Kiehl’s emang super hydrating banget sih, selama di UK I relied on this cream tapi sayangnya agak sedikit too greasy untuk pemakaian di Indo, jadi untuk sementara aku tinggal dulu walaupun akan repurchase lagi karena bagus untuk dipakai selama long-haul flight.

Oke, ternyata banyak juga ya 8 step and this is the simplest one :”) Kalau memang belum terlalu ngantuk biasanya sebelum exfoliating aku suka maskeran dulu pakai yang wash off mask. Favorite aku dari Aesop yang Pasley Seed Cleansing Masque dan Antipodes yang Aura Manuka Honey. Selain itu, setiap 2-3 hari sekali aku juga suka pakai sheet mask setelah pakai serum dan sebelum eye cream.

Sebenernya yang paling penting dari skincare routine itu adalah menggunakan produk yang sesuai dengan jenis dan masalah kulit masing-masing. Jadi sebagaimana banyak produk yang dipakai, semahal apapun, kalau step-step skincarenya tidak dilakukan dengan benar dan pakai produk yang sembarangan juga hasilnya ga akan optimal. Tapi memang nobody gets it right on the first try. In this case, just keep trying to find the most suitable products and routine that do your skin good. Jangan lupa juga untuk listen to your skin!

I hope this post is helpful in any way 😉

Xx.

 The Jackie of All Trades

  • Sinta Khairunnisa Nov Afni

    salam kenal mbaaa..

    biasanya aku cuma pake facial wash sm night cream aja

    ternyataa banyaak ya step by stepnyaa..

    thanks for sharing yaa

  • Hai mba salam kenal, btw skincare nya bikin mupeng 😀

    • deeprimayani

      Salam kenal Mba Dewi 🙂
      Hehe iya nih demi #MukaKinclong2017

2 Flares Twitter 0 Facebook 0 Pin It Share 2 Google+ 0 Reddit 0 2 Flares ×