0 Flares Twitter 0 Facebook 0 Pin It Share 0 Google+ 0 Reddit 0 0 Flares ×

Hello, loveliest. I’m back again with the review of my most favorite Korean skincare brand, COSRX. COSRX ini termasuk brand pertama yang aku pake waktu mulai ngikutin Korean skincare routine. So far, aku sudah cobain kurang lebih lima produknya dan I love them so much. Makanya aku bilang COSRX ini merupakan brand skincare Korea favorit aku karena produk-produknya yang sudah aku cobain sukses semua. Sayangnya, aku memang belum banyak mereview produk-produk COSRX yang sudah aku cobain di blog ini. But don’t worry, I’m starting now. So here it is, COSRX AHA/BHA Clarifying Treatment Toner Review.

COSRX AHA / BHA Clarifying Treatment Toner

COSRX AHA/BHA Clarifying Treatment Toner ini memang merupakan salah satu produknya COSRX yang paling terkenal. Fungsinya, as the name implies, adalah sebagai toner. Tapi, mungkin sudah banyak yang tau juga ya, kalau fungsi toner pada Korean skincare routine agak sedikit berbeda dengan skincare routine ala barat. Meskipun sama-sama digunakan setelah membersihkan wajah (double cleansing), fungsi toner pada skincare routine ala barat adalah sebagai bagian dari cleansing step. Sedangkan untuk Korean skincare routine, toner berfungsi untuk untuk penyeimbang pH kulit setelah proses pembersihan wajah.

Baca juga: COSRX AHA 7 Whitehead Power Liquid Review

Produk ini termasuk acid toner yang mengandung AHA dan BHA. Karena memiliki pH yang rendah, sekitar 3.85-4, sehingga bagus digunakan sebagai penyeimbang pH kulit setelah mencuci muka.

Ingredients

Jeju Mineral Water, Willow Bark Water 10%, Apple Water 10%, Butylene Glycol, 1,2-Hexanediol, Sodium Lactate, Glycolic Acid, Betaine Salicylate, Allantoin, Panthenol, Ethyl Hexanediol

Yang aku suka dari produk ini adalah penggunaan bahan-bahan yang tidak terlalu banyak. Selain itu bahan-bahannya juga didominasi dengan bahan alami seperti mineral water, willow bark water, dan apple water. Kandungan BHAnya juga didapat dari Betaine Slicylate yang lebih gentle dibandingkan Salicylic Acid. Hasil CosDNA analysisnya juga bagus, no red flag. Oiya, kandungan acidnya (Glycolic Acid dan Betaine Salicylate) juga dalam kadar yang rendah, jadi tidak akan terlalu mengekfoliasi kulit. Jadi, yang punya kulit sensitive bisa lebih tenang untuk menggunakan produk ini.

What it claims to do

COSRX AHA / BHA Clarifying Treatment Toner

COSRX AHA/BHA Clarifying Treatment Toner ini adalah astringent toner yang juga dapat melakukan ekfoliasi ringan untuk kulit wajah. Sehingga, produk ini dapat mencegah whiteheads, blackheads, dan masalah pori-pori lainnya. Tapi produk ini juga mengklaim baik digunakan untuk yang memiliki kulit kering karena memiliki manfaat hidrasi juga. Lengkap juga ya. Jadi selain berfungsi sebagai penyeimbang pH kulit, COSRX AHA/BHA toner ini juga mampu mengatasi masalah-masalah kulit. Ga heran deh produk ini di-highly raved banget sama Korean skincare gurus.

Baca juga: COSRX Ultimate Moizturizing Honey Overnight Mask Review

How to use

Karena produk ini adalah toner, maka digunakannya setelah selesai dengan step double cleansing. Setelah melakukan double cleansing, gunakan toner ini, tunggu sampai menyerap baru setelah itu kita bisa proceed untuk step skincare selanjutnya; entah itu essence dulu, atau langsung serum, atau kalo lagi malas banget langsung ke moisturizer.

Aplikatornya berbentuk spray jadi bisa digunakan dengan cara langsung disemprot ke bagian-bagian wajah lalu di tepuk perlahan. Jadi tidak perlu menggunakan kapas. Tapiii…aku personally, prefer menyemprotkan produk ini ke kapas dulu baru diusap pelan sambil ditepuk ke wajah. Aku juga bisa pakai produk ini untuk skincare routine pagi dan malam.

Baca juga: Current Nighttime Skincare Routine

The Verdict

Alright, pertama aku mau bahas tampilannya dulu. Packagingnya tipikal produk-produk COSRX lainnya, simple dan ga terlalu banyak hiasannya. Packagingnya terdiri dari box dan botolnya. Boxnya putih polos disertai dengan penjelasan singkat produk dan cara pemakaian di bagian belakang boxnya. Tulisannya sudah dalam bahasa Inggris, kok. So you can put your Hangul dictionary away. Untuk botolnya, seperti yang sudah aku bilang diatas, memiliki spray applicator. Jadi produknya bisa langsung disemprot ke wajah. But, this is actually the one thing I hate about the product. Aku kurang suka dengan cara pemakaian disemprot. Soalnya rasanya ga semua bagian wajah tercover dan cenderung membuat banyak produk terbuang.

COSRX AHA / BHA Clarifying Treatment Toner

Tekstur produknya sangat cair, jadi rasanya cuma kaya disemprot pakai air aja, warnanya juga bening. Again, I’m very bad with smell, but this product had a hint of citrusy scent. CMIIW ya. Tapi ga ganggu sama sekali kok baunya. dan ga nempel lama juga. Aku suka banget karena konsistensinya yang sangat cair jadi absorbsinya juga bagus dan ga perlu waktu lama. Dan sama sekali ga lengket. Literally seperti air.

COSRX AHA / BHA Clarifying Treatment Toner

Awal aku pakai produk ini, kulit aku kebetulan memang lagi bagus-bagusnya jadi memang ga terlalu terasa ada perubahan. Cuma memang segar dan enak dipakai aja tonernya. Eh tapi ternyata, setelah pakai produk ini selama sebulanan lebih dan aku coba pindah pakai produk lain, baru terasa loh gimana efektifnya produk ini bekerja. Selama pakai aku memang jadi lebih jarang bermasalah dengan jerawat maupun whiteheads. Setelah aku berhenti pakai dan coba produk lain, masalah-masalah kulit aku mulai keluar lagi huhu. Mungkin juga karna kurang cocok dengan produk baru yang aku coba atau masalah yang lain. Tapi yang jelas baru kelihatan gimana jagonya si COSRX AHA/BHA Clarifying Toner ini untuk menjaga kulit aku dari masalah-masalah tadi.

So yeah, I’m quite happy with the effectiveness of this product. Cuma satu yang aku kurang suka yaitu pump bottlenya. But that’s really not that big a deal. Jadi aku kasih 5 stars untuk produk COSRX ini.

Kalau kalian punya rekomendasi acid toner lain yang bagus juga, please let me know ya biar aku bisa coba juga. Because sharing is caring, isn’t it? 😉

0 Flares Twitter 0 Facebook 0 Pin It Share 0 Google+ 0 Reddit 0 0 Flares ×