0 Flares Twitter 0 Facebook 0 Pin It Share 0 Google+ 0 Reddit 0 0 Flares ×

Mungkin tulisan ini agak redundant karena siapa sih, yang ga mau kuliah di luar negeri, ya ga? Rasanya semua orang pasti ada keinginan untuk kuliah di luar negeri. Be it for undergraduate degree of postgraduate degree. Apalagi kalo baca atau dengar pengalaman orang-orang yang sudah duluan mendapat kesempatan kuliah di luar negeri. They say it’s a life-changing experience. And well, as one of the people who’ve had the chance to study abroad I could vouch for that statement. It was indeed a life-changing experience.

Belakangan kayanya semakin banyak orang yang mulai melanjutkan kuliah di luar negeri, ya. Tapi kuliah di luar negeri bukan sekadar untuk ikut-ikutan apalagi cuma untuk terlihat keren aja, sih. Kuliah di luar negeri itu bisa menjadi pengalaman yang tidak terlupakan bagi aku dan mungkin orang-orang lainnya karena beberapa alasan. Dan di tulisan ini aku pengen berbagi 5 alasan utama yang membuat aku memilih untuk melanjutkan kuliah di luar negeri.

5 alasan untuk kuliah di luar negeri - title

Improving language skills

Kuliah di luar negeri menurut aku salah satu cara paling efektif untuk meningkatkan kemampuan bahasa asing. Terutama memang bahasa Inggris, ya. Soalnya kan meskipun negara tujuan kuliah kamu bukan negara berbahasa Inggris, kemampuan bahasa Inggris akan memudahkan komunikasi kalau kamu ga fasih dengan bahasa negara tujuan kamu. Akan sangat lebih baik lagi kalau kesempatan kuliah di non-English speaking countries digunakan untuk belajar atau memperdalam kemampuan berbahasa lain. Jadi, selain meningkatkan kemampuan bahasa Inggris plus mempelajari bahasa asing lainnya. It will definitely make your CV shine.

Baca juga: Why I Yearn to Study Abroad

Getting out of your comfort zone and be more independent

Dengan tinggal jauh dari keluarga dan orang terdekat, berarti kamu juga sudah mulai meninggalkan zona nyaman kamu. Kalau selama ini kamu sudah terbiasa dengan lingkungan tempat kamu tinggal dan kenal dengan orang-orangnya maka berkuliah keluar negeri akan menjadi sebuah tantangan baru. Beradaptasi dengan lingkungan baru dan berkenalan dengan orang baru tidak mudah but it’s really good for your personal growth.

Dan ga cuma itu, kuliah di luar negeri juga bikin kamu jadi jauh lebih mandiri. Semua harus dilakukan sendiri, ga akan ada mba yang bantuin beresin kamar kamu, ga ada laundry kiloan untuk cuci baju, dan ga ada warteg dekat rumah kalo kamu lapar. Ini bener-bener aku rasain sendiri, lho meski sebenarnya ini bukan pertama kali aku jauh dari rumah. Merantau ke Yogya dengan merantau ke Birmingham emang beda banget. Meskipun udah ngerasa mandiri banget pas di Yogya tapi apa-apa masih gampang. Mau sarapan tinggal jalan ke depan gang, beli nasi uduk Rp 5000, udah kenyang. Males cuci baju, jalan dikit ada laundry kiloan, bayar ga sampe Rp 10.000 cucian langsung rapi dan bersih. Di Birmingham boro-boro. Kuliah ke luar negeri bener-bener bikin jauh lebih mandiri.

Gain new knowledge and perspective

Tinggal di luar negeri, kamu akan menemukan banyak hal-hal baru yang mungkin ga bisa ditemukan di negara asal. Dengan tinggal di negara asing yang budaya dan adatnya berbeda, kamu jadi bisa mempelajari bagaimana orang di belahan dunia yang lain hidup. Kamu juga akan bertemu orang-orang baru dengan latar belakang yang berbeda-beda. Darimana kamu dapat belajar banyak hal, salah satunya menghargai perbedaan. Quite an important thing to learn considering the current condition.

Pengalaman-pengalaman baru yang akan kamu rasakan dapat membantu mengubah perspektif, tentunya ke arah yang lebih baik, ya. Jadi selain tambahan pengetahuan baru secara akademis maupun non-akademis, kuliah ke luar negeri juga dapat membantu kamu be a better person.

Learn to appreciate one own country

Dengan mempelajari budaya dan kebiasaan orang di negara asing kamu bisa melihat kebudayaan dan kebiasaan di negara asal melalui kacamata yang berbeda dan dapat lebih mengapresiasinya. Selama kuliah di luar negeri kamu akan mendapat kesempatan untuk melihat tempat di belahan bumi yang berbeda dan membuat kamu lebih mengapresiasi keindahan tempat-tempat di Indonesia. Berdasarkan pengalaman aku, kuliah di luar negeri membuat aku lebih sadar dengan keindahan tempat-tempat di Indonesia. Meskipun banyak bangunan-bangunan dan pemandangan indah di Eropa, I couldn’t help but comparing it to Indonesia. Indonesia has seriously beautiful beaches and the weather’s always lovely. Kuliah di luar negeri juga membuat aku sangat lebih mengapreasiasi masakan khas Indonesia setelah setahunan harus makan makanan di Eropa yang tasteless.

Opportunity to travel

Last but not least, but I know it’s quite an important one for some of you, right? *wink*. Ya, kuliah ke luar negeri memang jadi salah satu cara untuk mendapatkan kesempatan travelling ke negara-negara lainnya. And I totally get that. Selama kuliah di Birmingham aku juga manfaatin untuk jalan-jalan ke Eropa dan Maroko. Ga ada salahnya, kok karena jalan-jalan kan juga untuk menambah life experience. Selain itu, kamu mungkin ga akan punya kesempatan seperti ini lagi to explore the world. Believe me, kalau sudah kerja, travelling will be a luxury. Bukan cuma karna perlu biaya yang lumayan, tapi karena juga ga ada waktu.

Tapi, sayang sekali kalau ini dijadikan alasan utama dan satu-satunya untuk kuliah ke luar negeri. It’s much more than mere opportunity to travel. Buat aku, kesempatan travelling ini merupakan alasan bonus aja. Jadi jangan sampai kuliah kamu terbengkalai karena sibuk jalan-jalan terus, ya 😉

Baca juga: Studying Abroad in A Nutshell

Mungkin memang tidak semudah itu untuk bisa kuliah ke luar negeri. Perlu biaya yang tidak sedikit dan banyak hal yang harus disiapkan. But trust me it’s so worth it. Apalagi sekarang sudah banyak sekali beasiswa yang bisa digunakan untuk melanjutkan kuliah sekolah ke luar negeri. Kalau ada kemauan dan usaha, pasti bisa kok. So why not? Apa alasan-alasan di atas belum cukup untuk bikin kamu semangat kuliah ke luar negeri? 😉

0 Flares Twitter 0 Facebook 0 Pin It Share 0 Google+ 0 Reddit 0 0 Flares ×